15 Aneka Makanan Khas Gayo yang unik yang wajib dicoba

Sumber gambar http://helloacehku.com/masam-jing-masakah-khas-aceh-tengah/
1. MASAM JING ATAU MASAM JENG
Masam jing (asam pedas) kalau di kawasan pesisir Aceh, masakan sejenis masam jing sering disebut dengan asam keueung atau orang minang menyebutnya dengan asam padeh.
Tidak dapat dipungkiri kuliner khas Gayo yang ini sangat menggugah rasa, dengan racikan bumbu yang kental membuat hati ingin mencicipinya, Namun bumbu maupun cara pengolahannya yang sedikit berbeda, sehingga masam jing menyajikan rasa yang memang khas dari Dataran Tinggi Gayo.
Ikan yang dimasak untuk menu Masam Jing ini paling dominan itu Ikan Bawal, Depik, Gegaring, Mujahir, Bandeng, Lemeduk, Lele, dan Gabus.

Berikut Resep Masam Jing ini patut anda coba.




Sumber gambar http://www.acehtrend.co/delapan-kuliner-khas-tanoh-gayo/
2. PANGAT

Pengat Gayo mempunyai ciri khas dengan keasaman rasanya. karena menggunakan air jeruk dan sedikit asam sunti sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Untuk membuatnya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama yakni antara 1 atau 2 jam. Jenis makanan ini dibuat tidak berkuah, dipastikan ikan benar-benar matang dan bercampur dengan bumbu.

Bahan dasarnya jenis ikan, khususnya ikan yang digunakan oleh masyarakat gayo seperti ikan bawal hitam ataupun merah dan ikan depik atau sering juga disebut dengan ikan mas. makanan ini lebih mirip dengan pepes ikan dan dimasak tidak menggunakan daun, melainkan dimasak seperti pembuatan gulai tetapi dimasak hingga tidak berkuah.

Berikut Resep PANGAT Khas Aceh Gayo.




Sumber gambar http://budaya-indonesia.org/Cecah-Terong-Anggur
3. CECAH ANGGUR
Cecah Anggur atau yang sering disebut Cecah terong belanda mimiliki khas rasa asam dan aroma khas terong belanda menciptakan karakter rasa yang tidak bisa ditemukan di sambal terasi biasa.

Paduan cecah yang diolah mentah ini dengan nasi hangat, ikan mujahir digoreng, dan rebusan pucuk jipang alias labu siam atau chayote. Dijamin sarapan, makan siang, atau makan malam anda akan sangat istimewa. Sederhana, tapi mewah.

terong belanda, biasa disebut anggur , digunakan sebagai bahan pembuat sambal terasi.

Berikut Resep CECAH ANGGUR.




4. CECAH BAJIK
Ada banyak macam cecah, dan biasanya dibuat berdasarkan momen tertentu. Cecah terong agur, cecah tomat, cecah timun, cecah tomat biasanya digunakan untuk lauk sehari-hari

CECAH adalah salah satu makanan pada masyarakat Gayo. ‘Posturnya’ menyerupai sambal. namun, memiliki perbedaan yaitu cecah pada masyarakat Gayo tidak di goreng sebagaimana sambal pada umumnya.

Kreatifitas masyarakat Gayo mengolahnya dengan cara tradisional menggunakan ulekan kayu atau dalam bahasa Gayo disebut Legen, sehingga menghasilkan masakah yang begitu khas.

Cecah bajik bagus untuk pencernaan, Cecah Bajik sendiri artinya adalah buah nangka yang masih muda (sekali) yang biasanya masih sebesar jempol kita dan cecah bajik sendiri ya memang berbahan dasar buah nangka muda. Lalu ditambah dengan pisang muda, jambu kelutuk, terong belanda, nanas, daun pepaya, gula aren dan garam.

Berikut Resep Cecah Bajik




Sumber gambar http://www.tokomesin.com/peluang-usaha-boh-rom-rom-dan-analisa-usahanya.html
5.BRAHRUM ATAU BOH Rom-ROm
Di Aceh makanan ini dikenal dengan sebutan Boh Rom-Rom atau di pulau jawa makanan ini disebut onde-onde, tapi di Gayo makanan ini dikenal dengan sebutan brahrum. makanan yang terbuat dari tepung ketan ini di bentuk menjadi bulat yang kemudia tengahnya diisi potongan gula aren (gula tampang- Gayo) dan kemudian direbus di air mendidih jika sudah terapung berarti makanan ini telah masak yang kemudian di lumuri dengan parutan kelapa.

Makanan ini terbuat dari tepung ketan di bentuk menjadi bulat kemudia tengahnya diisi potongan gula aren (gula tampang- Gayo). Di pesisir Aceh bernama bohruhrum atau di pulau jawa disebut onde-onde.

Berikut Resep BOH ROM-ROM yang patut anda coba.




Sumber gambar https://suarausu.co/cecah-reraya-gayo-makanan-penyambut-syawal-mulai-punah/
6. CECAH KEKULIT (CECAH RERAYA)
Cecah merupakan makanan yang tidak dimasak. Disebut cecah reraye karena hidangan ini biasa dibuat oleh masyarakat gayo saat bulan Ramadhan tiba sebagai teman makan sahur dan dihidangkan untuk tamu saat hari raya idul fitri atau idul adha.
Cecah reraya biasanya terbuat dari daging, kulit, hati, dan jantung kerbau/lembu yang dimasak dengan bumbu seperti daun sereh, lengkuas lalu ditambah salah satu bumbu khas aceh yang memiliki rasa kelat yaitu air perasan kayu uweng atau tingkem.
Untuk menghilangkan bau, Bahan yang telah direbus tersebut dirajang halus kemudian dicampur dengan serai, jahe, lengkuas empan (andaliman), bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam yang telah digiling halus. Kemudian dicampur dengan air perasan.
Sedangan untuk kulit kerbau dipanggang hingga bulunya hangus kemudian diserut. Makanan ini dapat mudah kita jumpai di daerah Takengon baik di rumah-rumah makan maupun dipasar tradisional.

Berikut Resep CECAH RERAYA.




Sumber gambar http://lintasgayo.co/2014/01/18/sekilas-gutel-gayo
7. GUTEL
GUTEL merupakan salah satu kudapan Gayo. Bahan baku pembuatan Gutel adalah tepung beras, kelapa, gula dan air. (kudapan khas Gayo yang dibuat dari beras yang dipipihkan).

Selain itu gutel juga kerap dijadikan sebagai bekal makanan saat bepergian ke dalam hutan untuk berburu (ngaro) atau mencari sesuatu yang membutuh kan waktu berhari-hari.termasuk saat akan berperang gelirnya melawan penjajah Belanda dan Jepang.

konon menurut masyarakat gayo, dulu Gutel makanan khas jika musim panen padi. Gutel juga makanan untuk menahan lapar atau disebut orang Gayo (togoh).

Berikut Resep GUTEL Khas Aceh Gayo.




Sumber gambar http://helloacehku.com/8-masakan-yang-hanya-ada-di-dataran-tinggi-gayo/
8. SAMBAL DEPIK CABAI HIJAU
Ikan depik adalah ikan khas danau Laut Tawar. masyarakat Gayo menyebutkan, para pendatang mestilah mencicipi masakan dengan ikan depik.

Kabarnya akan mendekatkan perasaan kita dengan dataran tinggi gayo.Itu bisa jadi hanya mitos. Tapi yang pasti olahan ikan depik yang di goreng dengan rajangan cabai hijau dan beberapa herbal khas pegunungan gayo.

Berikut Resep SAMBAL DEPIK CABAI HIJAU.




Sumber gambar https://cookpad.com/id/resep/4588355-bandeng-ala2-gayo
9. BANDENG KHAS GAYO
Bandeng Khas gayo ini berbahan dasar ikan bandeng, dengan kaya akan rempah-rempah seperti jahe, kunyi, cabe rawit, bawang merah, bawang putih,jeruk nipis, dan tomat.
yang menjadikan nikmat dari ikan bandeng khas gayo ini terletak dari cara proses pembuatannya dengan membaluri ikan dengan semua rempah-rempah. sehingga menambah citarasa tersendiri dari makanan ini.

Berikut Resep BANDENG KHAS GAYO.




Sumber gambar http://kuliner.ilmci.com/resep/2015/23/rese-rebung-masak-santan.aspx
10.SANTAN REBUNG TANAK TERI



11.GEGERIP
Gegerip terbuat dari nasi yang dijemur dan dikeringkan yang kemudian dicampur dengan gula merah baru dionseng-onseng sebentar.

Makanan yang satu ini sudah jarang ada dan dibuat atau dijual oleh masyarakat gayo yang dikarenakan jarangnya peminat makanan ini mungkin dikarenakan tekstur makanan ini yang sangat keras dan alot (liet-Gayo).

Berikut Resep GEGERIP.




Sumber gambar http://www.resep-makanan-khas-aceh.tk/2017/11/lepat.html
12.LEPAT
Makanan yang satu ini terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah kalis, dibungkus dengan daun pisang dimana bagian tengahnya diberi taburan kelapa parut gongseng atau dikenal dengan inti kemudian dikukus. Lepat banyak disajikan saat perayaan hari-hari besar masyarakat Gayo. Makanan ini bisa bertahan sampai dua minggu jika diasapi.

Salah satu yang cukup unik adalah lepat gayo. Sesuai namanya, kue lepat ini berasal dari Gayo, Aceh. yang konon katanya bisa memiliki daya tahan sampai beberapa bulan, bahkan sampai setahun. lepat gayo digantung di atas langit-langit dapur di atas tungku masak, sehingga selalu terasapi yang membuatnya awet.

Lepat gayo dikenal sebagai penganan khas Ramadan yang nyaris hanya bisa dinikmati setahun sekali.lepat gayo memiliki kadar kalori yang cukup tinggi.

Beda daerah, akan berbeda pula jenis lepatnya, meski rata-rata berbahan baku tepung beras ketan dan berbungkus daun pisang.

Berikut Resep LEPAT KHAS GAYO.




Sumber gambar https://www.naresep.com/2016/04/resep-serabi-alias-apam-tradisi-orang.html
13.APAM KHAS GAYO
Makanan yang mungkin di seluruh pelosok indonesia mengenalnya dengan sebutan serabi, di Gayo serabi dikenal dengan sebuatan APAM dan biasanya dimakan dengan menggunakan santan yang telah dimasak dan dicampurka gula biar terasa manis.
Merupakan salah satu jenis kue tradisional yang biasanya berbentuk bundar. Kue ini biasa dikombinasikan menggunakan kuah gula merah. Kue yang dipanggang diatas wajan tanah dan menggunakan tepung beras.

Berikut Resep APAM KHAS GAYO.




Sumber gambar http://dinaspangan.acehtengahkab.go.id/index.php/directory/read/15/cecah-ries.html
14.CECAH RIES
Cecah Ries dibuat dengan bahan utama bagian dalam batang pisang dan daging Ayam atau burung yang dipanggang yang kemudia dagingnya disuir-suir, ditambahkan batang pisang bagian paling dalamnya, merica, ketumbar, bawang merah, bawang putih, garam, jeruk sayur dan kelapa gonseng yang dihaluskan.

Tentu saja bumbu yang diberikan adalah bumbu rempah dengan hasil olahan masyarakat setempat yang masih menyimpan racikannya secara turun temurun.

Berikut Resep CECAH RIES.




Sumber gambar http://tipskoki.blogspot.co.id/2017/02/resep-masakan-dedah-boh-itek-aceh.html
15.DEDAH BOH ITEK
Dedah Boh Itek merupakan masakan yang berupa dadar telur bebek yang dicampur dengan kelapa parut, daun jeruk dan irisan serai yang dicampur dengan berbagai bumbu.

Masyarakat Aceh sering mematangkan dadar ini dengan wajan tanah liat yang diberi alas daun pisang. Aroma yang dihasilkanpun sangat harum dan khas.


BACA JUGA:



Comments